Jumat, 08 Desember 2017

Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Membuat banyak saluran baru di satu akun youtube bertujuan untuk membedakan atau mengelompokkan jenis video agar sesuai dengan kategori atau niche video. Ini berguna sekali bagi para youtuber yang mempunyai banyak video yang beragam, selain terlihat lebih rapi, orang lain akan dapat mudah mencari jenis video yang sama dalam satu chanel/saluran.
 
Hanya di perlukan satu email saja atau satu akun youtube saja untuk membuat banyak saluran, dan anda pun bebas membuat saluran sebanyak mungkin. Lantas bagaimana agar saluran tersebut menjadi SEO?
 
Apa pentingnya membuat saluran Youtube menjadi SEO? Jawabannya hanya satu, agar video tersebut mudah di ketemukan dalam mesin pencarian,baik di pencarian google maupun pencarian youtube. Dan menjadi video yang populer dan di minati banyak penonton.
 
Dengan memaksimalkan atau optimasi video youtube, di harapkan dapat bersaing mendapatkan pengunjung/penonton yang lebih banyak mengingat sekarang persaingan video juga semakin banyak, ada jutaan video setiap harinya yang di unggah ke youtube. 
Video baru tanpa di optimasi akan mendapatkan peluang yang lebih sedikit, kecuali anda sudah mempunyai subscriber/pelanggan yang banyak atau channel Anda sudah populer.
Sebelum menentukan nama chanel/saluran, kita akan riset kata kunci terlebih dahulu untuk memilih nama saluran yang tepat, dan dapat bersaing di halaman pencarian. Untuk itu kita akan memanfaatkan layanan gratis dari menggunakan Google Keyword Planner, jika anda  belum familiar dengan tool ini, bisa simak artikel sebelumnya.
Baca : Riset Kata kunci Menggunakan Google Keyword Planner
  • Masuk dan login ke Google AdWords.
  • Pilih pada menu Tool  > keyword planner.
Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO
Pilih menu "Find new keywords" seperti gambar di atas.
  1. Masukkan kata kunci yang anda targetkan, untuk contoh di atas saya menggunakan kata kunci "wisata indonesia".
  2. Pada kolom your landing page/Laman Landasan masukkan url https://www.youtube.com.
  3. Pada kolom your product category, isi dengan Travel & Tourism (sesuaikan dengan kategori saluran video anda)
  4. Isi kolom targeting dengan All location, kolom ke dua isi dengan indonesia. Target video kita adalah seluruh dunia (All location) karena video youtube bersifat universal, untuk bahasa bisa kita masukkan bahasa indonesia atau bahasa inggris, karena mewakili tempat video tersebut di upload.
  5. Pilih costumize your search, centang pada kotak Medium, Low untuk mendapatkan persaingan yang rendah dan pencarian yang paling tertinggi, Setelah itu klik save.
Setelah semua kolom terisi, silahkan klik get ideas untuk mendapatkan pilihan kata kunci yang kita targetkan, seperti gambar di bawah ini.
Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO
Kita bisa tentukan target kata kunci yang akan kita pilih dengan mengetahui jumlah pencarian terbanyak dan persaingan (competition) rendah. Perlu di ketahui jika banyak pencarian akan tetapi persaingan rendah akan berpeluang untuk medapatkan posisi yang terbaik dalam hasil pencarian.
logikanya begini, banyak yang mencari tetapi yang tersedia hanya sedikit, kita bisa mengisi kekosongan tersebut. jangan memaksa dalam hasil pencarian tertinggi dengan persaingan tinggi, karena peluang akan semakin sulit dan bahkan tidak muncul dalam hasil pencarian.
Setelah kita dapatkan kata kunci yang di maksud, bisa kita beri variasi kata pendek untuk lebih membedakan dalam hasil pencarian dengan target kata kunci yang sama, misalnya Tempat wisata murah, tempat wisata favorit, tempat wisata keluarga, Sesuaikan dengan hasil riset kata kunci yang anda masukkan, atau yang anda targetkan.
Membuat saluran/chanel youtube baru
Setelah nama chanel yang kita pilih sesuai dengan kategori video dari riset di atas, saatnya kita membuat chanel/saluran youtube yang baru.
1. Pastikan anda sudah login ke akun youtube, setelah itu pergi ke  youtube chanel switcher.
Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO
2. Pilih pada "Buat saluran baru", dan beri nama sesuai dengan kata kunci yang telah anda pilih dan tetapkan sebelumnya menggunakan google Keyword Planner
Sekarang anda sudah mempunyai chanel/saluran baru yang SEO dalam hasil pencarian sesuai dengan kategori  video anda, usahakan dalam mengupload video juga harus video yang satu kategori dengan nama Chanel/saluran.
Setelah mengupload video,anda bisa mengoptimasi dengan diskripsi,category serta tag dalam dashboard saluran/chanel youtube yang baru.


Dengan demikian, membuat saluran/chanel youtube anda yang baru sudah selesai, dan anda siap bersaing dengan video video lain di youtube, kesempatan untuk mendapatkan penonton akan lebih besar, karena akan muncul dalam hasil pencarian terutama pencarian di halaman youtube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak

Ikan guppy merupakan ikan yang cepat sekali berkembangbiak dan cara mengembangbiakannya pun sangatlah mudah, Bagaimana agar indukan ikan ...